Rabu, 08 Agustus 2018

Bekerja di malam hari tingkatkan risiko kanker ovarium

Bekerja di malam hari tingkatkan risiko kanker ovarium,- Wanita yang bekerja sebaiknya berpikir ulang tentang jadwal pekerjaannya. Sebab penelitian terbaru menyebutkan bahwa bekerja di malam hari mampu meningkatkan risiko kanker ovarium.

Penelitian tersebut tepatnya melibatkan 3322 wanita sehat dan penderita kanker ovarium. Usia mereka sekitar 35-74 tahun. Mereka pun ditanyai tentang jam kerja sehari-hari, termasuk pengalaman melakukan pekerjaan di malam hari.

Hasilnya, wanita memang berisiko lebih tinggi terkena kanker ovarium jika bekerja di malam hari. Terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Pihak International Agency for Research on Cancer (IARC) yang melakukan penelitian memang menyebutkan kalau bekerja di malam hari mengganggu ritme kerja tubuh yang normal. Sehingga hal itu pun meningkatkan risiko pertumbuhan sel yang tidak wajar dan memicu kanker.

penelitian tersebut pun dilaporkan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine.

Sebelumnya, ada pula penelitian yang memaparkan kalau bekerja di malam hari mampu meningkatkan risiko kanker payudara bagi wanita dan kanker prostat pada pria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar